Ternak kenari agar lolos sampai mandiri

Ternak kenari agar lolos sampai mandiri
Ternak kenari agar lolos sampai mandiri

Salah satu cara untuk menepis kegagalan yang saya lakukan dalam berternak kenari adalah belajar pada teman sesama peternak yang lebih dulu memulai dan berhasil.

Perjalanan ternak kenari sudah setahun belum ada tanda-tanda keberhasilan, perjalanan ini perlu dievaluasi saya pun bertanya-tanya kepada yang sudah berhasil.

Berikut ini beberapa catatan yang saya dapatkan

1. Bahwa karakter kenari betina ini bermacam-macam berbeda-beda dalam berternak ada yang mengeram menetas tapi tidak mau meloloh, ada juga yang sempurna rajin melolohnya dan berhasil sampai mandiri, maka dari itulah pilih indukan betina yang benar-benar cermat, sarannya jangan membeli asal dipasaran, untuk tipsnya bisa membelinya dari anakan atau yang sudah terbukti produktif di peternak kenari.

2. Sistem penjodohan yaitu dengan sistem tanam cabut, kedua indukan digabungkan sampai bertelur, setelah berjumlah tiga telur, cabut kenari jantan, biarkan si betina fokus mengeram dan berikan pakan yang tidak menaikan birahi, cukup dengan biji-bijian saja.

3. Setelah menetas, beri telur puyuh setiap hari, pastikan persediaan selalu ada agar indukan tidak telat meloloh, mulai usia 7 hari selain telur puyuh berikan varian seperti sayuran dan lainnya.

4. Ketika anakan usia 3 minggu masukan penjantan, ini bertujuan untuk membantu meloloh anakan, jadi jika sibetina mau bertelur dan mengeram lagi, anakan diloloh kenari jantan sampai mandiri. selain itu ketika anakan sudah besar, betina seringkali kwalahan melolohkan dibutuhkan kenari jantan untuk membantu.

Itulah beberapa catatan yang saya dapat dari salah satu peternak kenari yang saya kenal, jika ada yang mau meralat atau menambahi besar harapan saya menambahi dikolom komentar.

Selain beberapa hal diatas, ada juga yang perlu diperhatikan yaitu pada sarangnya, sebelumnya sudah saya sharing pada ulasan postingan sebelumnya yang berjudul Ternak Kenari Piyikan sering mati tidak sampai mandiri

Sebagai pemula yang baru memulai ternak kenari, ternyata cukup detail juga yang harus dipelajari dimana kalau disimpulkan adalah tentang bagaimana membuat burung kenari sehat dan nyaman sehingga mendukung proses berkembang biak.

Ilmunya cukup luas juga banyak hal yang perlu diketahui, dalam belalar mengembangbiakan kenari, agar saya tidak lupa saya pun membuat halaman khusus seputar ternak kenari dari sharing pengalaman sampai list produk yang dibutuhkan dalam berternak kenari, linknya ada disini https://tokofaiz.com/rumah-kenari-pemalang/

Oke saya cukupkan sekian dulu sharingya, kalau ada hal baru akan saya tulis lagi dan share

Advertisement