Ternak Kenari Piyikan sering mati tidak sampai mandiri

Ternak Kenari Piyikan sering mati tidak sampai mandiri
Ternak Kenari Piyikan sering mati tidak sampai mandiri

Cerita pengalaman ternak kenari yang akan saya tulis ini berdasarkan praktek yang saya lakukan, saya rasa tidak bisa dijadikan acuan nantinya, karena filing saya berternak kenari ini ada beberapa faktor, kalau saya sendiri yang kurang yang salah perbaiki terus evaluasi ketika tidak sesuai rencana, begitu terus berulang-ulang.

Kali ini adalah problemnya ternak kenari menetas tapi tidak sampai mandiri piyikan sudah mati.

Lihat pagi terpantau indukan meloloh, menyenangkan hati, sore sudah dikerumuti semut.

Memantau sudah optimis melihat dari netas sudah terlihat bulu-bulu memperlihatkan ada perkembangan pertumbuhan piyikan dan hasilnya akhirnya mati lagi.

Dan sering beberapa kali seperti itu, akhirnya sementara dibiarkan dulu sambil memikirkan ada apa ini, apa yang harus diperbaiki.

Ternyata berternak tidak semudah dulu waktu kecil memelihara ayam, beranak-pinak memelihara merpati beranak-pinak asal sudah ada sejodoh pasangan tinggal dirawat saja kasih makan, siburung beranak pinak, bahkan sempat jual burung merpati di pasar, tidak lama kemudian burung merpati itu kembali.

Pernah coba ganti ayam, ternyata baru sebentar sudah terserang berbagai penyakit dan tidak lama kemudian mati.

Sempat berhenti sejenak perhatian ke ternak burung kenari, lewat diberanda facebook saya terdapat postingan yang sharing pengalaman tentang sangkar kenari.

Disitu diperlihatkan sangkar yang digunakan dari kayu kotak, kemudian seratnya dari karung goni, kemudian bawahnya diberi tembako rokok dari pengalaman sipeternak ini berhasil peternakannya sampai mandiri.

Kemudian saya baca pelajari dan praktekan, menjadi bahan evaluasi saya dalam beternak kenari, ternyata sebegitu perhatiannya dari segi sangkar saja, sedangkan saya asal-asalan saja asal kasih pakan minum dan ekstra fooding saja.

Kalau saya simpulkan dari postingan tersebut adalah perhatian ke kenari, apa yang membuat kenari nyaman, nah salah satu nya dari sangkar saja harus bagaimana caranya biar kenari nyaman.

Setelah itu saya pun membuatnya sendiri, meski ditoko online ada, saya buat sendiri, karena saya rasa memaknai kalau membuat sendiri itu bentuk perhatian ikhtiar berharap keberkahan saja, perjuangan yang menghasilkan kebarokahan, meski si burung kenari bagi sudut pandang manusia tidak tahu apa-apa.

Tapi bagi anda yang sibuk dan memang tidak punya kemampuan skill membuat kotak sangkar, anda bisa membelinya secara online.

Belinya dimana ? 

Untuk menjawab pertanyaan tidak hanya ini saja tapi pertanyaan lain saya buatkan halaman khusus yang berisi peralatan perlengkapan kenari yang dibutuhkan untuk ternak kenari, jadi halaman tersebut berisi informasi produk seperti buku ternak kenari, pakan, kandang, sangkar dan lainnya, admin buatkan ini linknya https://tokofaiz.com/rumah-kenari-pemalang/

Produk-produk tersebut admin temukan di marketplace jadi bukan produk sendiri, jadi seringkali kalau butuh sesuatu harus searching, apa kebutuhannya saya cari dimarketplace kemudian saya simpan linknya dihalaman yang saya buat. jadi tujuannya ketika saya dan mungkin temab-teman mau cari sesuatu untuk kebutuhan kenarinya, tinggal klink link tersebut, dihalaman itu fokus spesifik berisi tentang kenari.

Kembali kejudul Ternak Kenari Piyikan sering mati tidak sampai mandiri filing saya ada beberapa faktor yaitu seputar suhu ruangan, manajemen kenari, dan sarang dan penempatan.

Karena filing suhu ruangan, saya coba evaluasi dengan menempatkan kandang yang berjarak harapannya sirkulasi udarannya bagus dan kenari tidak terganggu dengan kenari lainnya, karena diinfokan posisi yang kurang pas mempengaruhi birahi kenari, soal birahi kenari dalam berternak ini menjadi perhatian.

Kemudian manajemen kenari, maksudnya antara burung digantang, burung muda, burung ternak itu perhatiannya beda, contoh saja ketika kenari mengeram cukup pakan bijian saja, karena bisa terjadi ketika dikasih EF bisa birahi lagi, ini menjadi bahan evaluasi saya ketika menggunakan sistem koloni, ini agak susah pengaturan pakannya, kalau ada yang mengeram dan tidak mengeram -pakannya beda.

Kemudian mengenai sarang tiap burung beda-beda, hanya bisa coba, kalau pakai sarang model ini tidak maksimal coba ganti model sarangnya sampai ketemu yang cocok nyaman buat si burung.

Sampai disini dulu sharing pengalaman seputar ternak kenari, kalau ada yang sudah lebih berpengalaman lagi, bisa bantu juga koreksi pengalaman saya di artikel ini, terima kasih.

Advertisement